Rabu, 10 Juli 2013

Antara Brahma dan Orang Tua

by Santacitto Novice

Mengapa orangtua harus dihormati layaknya seorang Brahma oleh anaknya? Karena seperti halnya seorang Brahma memiliki empat kwalitas batin yakni metta (cinta kasih), karuna (kasih sayang), mudita (simpati) dan upekkha (keseimbangan batin), demikian pula, orangtua telah merawat kita melalui empat kwalitas batin tersebut.

Metta - ketika seorang anak masih dalam kandungan, dengan pikiran cinta kasih, orangtua mengharapkan anaknya terlahir selamat tanpa cacat sedikit pun.

Karuna - ketika seorang anak masih bayi, dengan perasaan kasih sayang ingin menghilangkan penderitaan anaknya, orangtua bahkan akan bangun di tengah malam mendengar tangisan anaknya.

Mudita - ketika seorang anak berlari tertawa tersenyum gembira, orangtua tidak akan menaruh iri, namun akan turut bahagia dengan kegembiraan anaknya.

Upekkha - ketika seorang anak menikah dan harus pergi ke rumah lain untuk membina rumah-tangganya sendiri, meskipun di sana muncul kemelekatan yang besar, orangtua mengembangkan keseimbangan batin untuk tidak bersedih ketika ditinggal anak tercintanya.

(Kitab Komentar Anguttaranikāya, Vol. II, hal. 204).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Pengikut